Artikel

Artikel Pentingnya Pengawasan Orang Tua

Setiap manusia yang lahir ke Dunia pasti mempunyai tahapan hidup, dari tahap menjadi anak kecil, remaja, dewasa dan hingga akhirnya menjadi orang tua. Pada tahapan Remaja, manusia diberi cobaan dengan tujuan untuk dapat melatih menahan emosi atau hawa nafsu dan disini lah peranan orang tua yang seharusnya orang tua dapat berubah menjadi seorang sahabat bagi anaknya, agar orang tua dapat berperan dan memasuki dunia renaja sang anak.

Perlu diketahui tahapan remaja adalah tahapan hidup manusia yang mana pikiran mereka tidak stabil dan sangat gampang untuk digoyahkan. Maka dari itu sebagai orang tua yang peduli terhadap anaknya, mereka seharusnya mampu memberikan nasehat untuk membimbing anaknya agar dapat mengendalikan hawa nafsu. Jika hawa nafsu tidak dapat dikendalikan maka kehidupan manusia akan menimbulkan pikiran- pikiran yang tidak baik sehingga akan terjadi hal yang tidak baik pula.

Perhatian orang tua pada saat tahapan remaja bagi sang anak sangatlah penting untuk membangun karakteristik yang bagus bagi kehidupan sang anak yang akan datang. Disana sang anak akan mencontoh perilaku yang diberikan orang tua kepadanya dan kalau orang tua memberi contoh atau sikap yang tidak baik disana lah letak kesalahan orang tua yang tidak bisa masuk ke kehidupan sang anak dengan baik. Pada masa remaja pemikiran sang anak tidak seutuhnya ke hal yang positif tetapi cenderung pada hal yang negatif. Dan jika orang tua tidak dapat masuk ke dunia sang anak dengan baik atau melakukan hal yang tidak baik menurut sang anak, maka sang anak akan berpikir bahwa orang tuanya tidak memberi perhatian kepadanya atau sang anak berpikir bahwa orang tuanya tida menyayanginya lagi seperti saat dia masih kecil dulu.

Jadi bagi orang tua yang ingin mengetahui atau mengawasi kehidupan sang anak pada masa remaja, masuklah ke kehidupan sang anak dengan menjadi sahabat yang mengerti apa yang di inginkan sang anak pada masa remajanya, sehingga orang tua dapat mendidik sang anak dengan cara halus. Dan sang anak tidak akan ada keinginan untuk berbohong kepadanya.

http://shantiaridewi.blogspot.co.id

Selengkapnya
Close